Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Khasiat Buah Sukun dan Daunnya yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Manfaat Sukun untuk Kesehatan
Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak tau buah sukun? Buah sukun adalah buah yang sangat umum di masyarakat. Karena, biasanya sukun sering di olah menjadi gorengan, aneka snack, seperti krupuk sukun, kroket sukun dan berbagai macam olahan lainnya. Apalagi, sukun termasuk tanaman tropis, hal itu memudahkan sukun bisa tumbuh dan pembibitannya pun dilakukan dengan cara stek. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa ada manfaat yang baik dibalik kenikmatan buah sukun. Terdapat kandungan nutrisi yang berada pada buah sukun, yaitu vitamin A, Vitamin C, vitamin E, kalsium, protein, karbohidrat, zat besi, niacin, lemak, fosfor dan kandungan lainnya. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, namun pada bagian daunnya juga memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan. Yuk, simak apa saja sih manfaat yang ada pada buah dan daun sukun untuk kesehatan?

Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

1. Buah sukun, kaya akan serat

Untuk para penderita diabetes, mungkin buah sukun sangat cocok untuk Anda. Karena, pada buah sukun terdapat banyak serat yang dapat membantu dalam penyerapan gula oleh tubuh. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika Anda sering mengonsumsi buah sukun, maka akan dapat mengurangi resiko diabetes dan dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

2. Adanya sumber antioksidan pada buah sukun

Mengonsumsi buah sukun secara rutin akan membantu kulit Nampak sehat baik dalam maupun luar. Pada penelitian, ditemukan antioksidan pada buah sukun sangat berdampak positif untuk mencegah terjadi infeksi pada kulit.

3. Buah sukun merupakan makanan diet

Siapa sangka, jika buah sukun dapat menjadi menu makanan Anda ketika Anda sedang melakukan program diet. Karena, jumlah serat yang tinggi dan rendah kalori sangat cocok menjadi menu pilihan makanan Anda. Apalagi, buah sukun dapat menjadi pengganti nasi, karena asupan kalori akan membuat Anda merasakan kenyang dalam waktu yang lama.

4. Buah sukun dapat mengatasi buang air besar

Banyaknya serat pada buah sukun dapat membantu dalam melancarkan buang air besar, apalagi jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Selain dapat memperlancar buang air besar, buah sukun juga mampu mengeluarkan racun dari usus.

5. Buah sukun merupakan sumber vitamin dan mineral untuk rambut

Terdapat kandungan omega 6 yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan folikel rambut, sehingga hal tersebut akan menguatkan akar rambut, tidak mudah rontoh dan mencegah kebotakan. Justru, buah sukun juga dapat menghilangkan ketombe pada rambut.

6. Buah sukun dapat menjaga kecantikan kulit Anda

Terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 pada buah sukun. Kandungan tersebut sangat baik khususnya untuk kecantikan kulit. Apalagi, buah sukun juga terdapat kandungan vitamin C yang  berdampak baik untuk kesehatan kulit Anda.

Selain itu, buah sukun juga baik untuk pecernaan, sumber energi, rendah protein, rendah lemak, mampu mencegah radikal bebas dan manfaat lainnya. Sehingga, tidak diragukan lagi akan khasiat yang menakjubkan pada buah sukun yang perlu Anda coba dan rasakan khasiatnya.

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

1. Daun sukun dapat menjaga kesehatan ginjal

Kandungan kalium pada daun sukun dapat membantu dalam penguraian endapan batu ginjal, sehingga urain tersebut  dapat terbawa urin dan keluar dari dalam tubuh. Anda bisa mencoba racikan ini, ambilah selembar daun sukun, kemudian cucilah sampai bersih. Selanjutnya, potong seperlunya saja. Lalu rebus dengan tiga atau empat gelar air sampai mendidih. Setelah dingin dan disaring, kemudian minumlah ramuan tersebut setengah gelas per hari secara rutin.

2. Daun sukun dapat mengobati asam urat

Asam urat biasanya banyak di idap oleh para lansia. Maka dari itu, Anda bisa mencoba meracik ramuan ini dengan cara mengambil dua lembar daun sukun yang masih terlihat segar, kemudian iris tipis, dan jemurlah hingga kering. Selanjutnya, ambilah segenggam irisan daun sukun tersebut dan tambahkan beberapa daun greges otot yang sudah ditumbuk, sekitar satu sendok. Kemudian, seduhlah kedua bahan tersebut dalam satu gelas air hangat. Aduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan sedikit gula, lalu minumlah setelah dingin. Cobalah ramuan tersebut secara rutin, minimal satu kali sehari.

3. Daun sukun dapat menurunkan kolestrol

Anda bisa mengambil dua lembar daun sukun dan satu lembar daun bengle, cuci kedua daun tersebut sampai bersih. Kemudian, iris kedua daun tersebut, lalu jemur hingga kering. Selanjutnya, seduh kedua bahan tersebut dengan satu gelas air panas, aduk hingga rata. Setelah itu, diamkan sejenak sampai hangat, kemudian minum ramuan sekaligus. Jika Anda tidak kuat akan rasa pahitnya, maka Anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu. Lakukan cara ini secara rutin.

4. Daun sukun dapat mengobati gangguan jantung

Ambil satu lembar daun sukun yang segar, cuci sampai bersih, kemudian jemurlah sampai kering. Selanjutnya, remas-remaslah daun yang sudah kering. Setelah itu, rebus dengan lima gelas air sampai tersisa setengah. Lalu, diamkan hingga dingin dan saring, kemudian bagi ramuan tersebut menjadi tiga. Dan diminum pagi, sore dan malam. Daun sukun dapat berdampak baik pada kesehatan pembuluh darah. Apalagi, juga dapat mengurangi hipertensi dan dapat mengurangi kerusakan sistem kardiovaskuer, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

5. Kandungan anti inflamasi pada daun sukun

Daun sukun juga dapat mengatasi masalah peradangan. Anda bisa mengolah ramuan dengan cara mengambil daun sukun yang tua (masih di pohon). Kemudian cucilah sampai bersih, lalu keringkan. Selanjutnya, rebus dengan lima gelas air sampai mendidih (tinggal setengahnya). Setelah itu, saring ramuan tersebut, kemudian langsung diminum. Anda bisa mengonsumsi ramuan tersebut selama kurang lebih satu bulan.

Wow, ternyata banyak manfaat yang tekandung pada buah maupun daunnya ya? Siapa yang menyangka, buah yang dapat mudah kita temukan ini memiliki banyak khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi, kandungan karbohidrat memiliki manfaat yang baik, karena kandungan tersebut dapat menjadi sumber energy dalam tubuh. Dan yang terpenting adalah Anda mengonsumsi buah atau daun sukun dengan sewajarnya saja sesuai aturan, jangan sampai melebihi dosis.


Demikian artikel mengenai manfaat buah dan daun sukun untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa Anda jadikan sebagai referensi tambahan untuk Anda.  

8 Komentar untuk "Khasiat Buah Sukun dan Daunnya yang Menakjubkan untuk Kesehatan"

Wah makasih infonya nih di rumah saya banyak tuh dukuh..

Ternyata daun buah sukun juga bermnafaat, Nice artikel Min

enak nih gan, kalo digoreng kaya ubi

artikel yang dicari-cari sama ane nih

wah banyak juga nih apalagi kaya vitamin

Baru tau saya sukun punya banyak manfaatnya kek begini

banyak juga manfaatnya si buah sukun, biasanya langsung makan aja yg udah di goreng. nice share bro.

lebih lagi kalo digoreng pake tepung gan, mengandung vitamin K , alias kenyang. wkwkwk

nice info gan

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top