Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Pare, Rasa Boleh Pahit. Namun, Manfaatnya untuk Kesehatan Tidak diragukan Lagi

Manfaat dan Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Buah Pare
Siapa sih yang tidak tahu pare? Salah satu sayuran yang terkenal akan kepahitannya ini ternyata menyimpan berbagai macam manfaat untuk kesehatan kita lho. Rasanya yang pahit memang membuat sebagian orang enggan untuk mencoba memakan sayuran ini sebagai lauk pauk. Tapi, tahukah Anda? Pada sayuran yang satu ini, terdapat beberapa macam kandungan yang sangat bermanfaat, khususnya untuk buat kesehatan kita. Apa sajakah manfaat itu? Apakah ada efek samping dari pare? Kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi jawaban yang mungkin saja bisa bermanfaat untu Anda sekalian. Simak ya, kalau perlu siapkan kopi atau teh sembari membaca postingan kami. Hehe

1. Pare dapat membantu dalam melancarkan pernafasan Anda loh
Apabila Anda mempunyai gangguan sesak nafas, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi pare. Karena, pare dapat membantu dalam membuat saluran terbuka, sehingga sirkulasi udara akan menjadi lebih lancar dari sebelumnya.

2. Pare dapat mengatasi diare
Untuk mengatasi diare, Anda bisa mencoba mengambil akar parenya, bukan buah ataupun daunnya. Dari akar pare tersebut, Anda ambil yang masih terlihat segar saja sekitar 30 gram. Kemudian cuci akar pare tersebut dan potong sesuai keinginan. Kemudian rebus akar pare dengan tiga gelas air, sampai air rebusan tersebut tersisa satu gelas. Ketika sudah dingin, jangan lupa menyaringnya dan Anda bisa menambahkan gula pasir seperlunya saja. Setelah itu, tinggal diminum.

3.Pare dapat membantu Anda dalam melaksanakan program diet
Pare merupakan salah satu sayuran yang rendah akan kalori, sehingga sangat cocok dan aman untuk menemani program diet Anda. Anda juga tidak perlu khawatir, karena pare tidak akan menimbulkan lemak yang semakin bertambah.

4. Pare mampu mengatasi pertumbuhan sel kanker
Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mematikan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena pare dapat memberi dampak positif pada metabolisme glukosa, yang berarti dengan membuat jus pare akan membantu tubuh dalam penghambatan tumbuhnya sel kanker yang terjadi.

5. Pare dapat mengobati kencing bernanah
Apabila terjadi kencing bernanah, itu bisa saja dikarenakan adanya infeksi pada saluran kencing. Anda bisa mengatasi secara alami dengan cara mencoba membuat ramuan tradisonal dari pare, terutama pada daunnya. Ambil enam lembar daun pare, dua jari kulit kamboja, satu jari rimpang temulawak dan dua jari akar jayanti. Bahan-bahan tersebut Anda cuci, kemudian potong seperlunya saja. Setelah itu, rebus dengan empat gelas air sampai tersisa dua gelas. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan gula aren secukupnya saja. Langkah terakhir, saring air tersebut dan meminumnya dua kali sehari. Apabila, cara alami ini tidak berhasil, maka alangkah baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa lanjut lagi.

6. Biji pare dapat dijadikan sebagai obat cacing
Jika Anda mempunyai anak yang sedang cacingan. Anda bisa memanfaatkan biji pare untuk mengobati cacingan tersebut. Anda bisa mengambil dua atau tiga biji pare, haluskan. Kemudian rebus dan aduk dengan sedikit air masak. Selanjutnya, diminumkan sedikit disusulkan dengan meminum air hangat. Jika cara ini tidak berhasil, lebih baik periksakan ke dokter supaya diperiksa secara rinci.

7. Pare dapat dijadikan sebagai ramuan herbal untuk diabetes
Sayur pare memiliki kandungan yang bersifat hipoglikemik yang berperan sebagai penurun kadar gula dalam darah. Yang berarti, jika Anda mengonsumsi pare berarti Anda melakukan proses perawatan agar kadar gula dalam darah bisa normal. Secara singkatnya, dengan memanfaatkan pare, Anda dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula dalam darah.

8. Pare dapat mengatasi sembelit
Pare kaya akan serat, dengan serat tersebut, maka akan dengan mudah merangsang pencernaan dan melakukan peristaltic pada makanan melalui usus, sehingga pare dapat membantu Anda dalam mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

9. Pare dapat membantu kekebalan tubuh
Pare kaya akan kandungan antioksidan yang berbeda. Hal tersebut dapat membantu untuk memperkuat sistem mekanisme pertahanan tubuh Anda dari penyakit. Fungsi antioksidannya dapat menyingkirkan senyawa berbahaya atau radikal bebas. Dengan membiasakan diri mengonsumsi pare, maka Anda mempunyai kesempatan dapat bertahan melawan penyakit serius, seperti gagal ginjal, kerusakan hati dan serangan jantung.

10. Pare dapat mengatasi jerawat
Jerawat memang masalah kulit yang paling menyebalkan, apalagi jika banyak bermunculan diwajah. Karena, dengan adanya jerawat akan membuat wajah kita sedikit tidak enak dipandang. Jika Anda mempunyai jerawat. Alangkah baiknya untuk mengonsumsi pare sebagai cara alami mengatasi masalah tersebut. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menjadikannya sebagai jus pare dengan ditambah lemon. Minumlah setiap hari selama enam bulan atau sampai Anda bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan Anda.

11. Pare dapat membantu metabolisme
Terdapat kandungan vitamin B dalam pare, seperti vitamin B3 atau niacin, B5, B6. Kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam menjaga metabolisme tubuh dan menjahga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

12. Pare sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung
Pare berperan untuk mengatasi kadar kolestrol jahat yang bisa mengakibatkan penyumbatan dinding arteri, sehingga mengonsumsi pare setiap hari akan mengurangi kemungkinan serangan jantung.

13. Anti penuaan
Terdapat kandungan vitamin C pada pare, vitamin tersebut merupakan antioksidan yang kuat. Karena, bisa menangkal radikal bebas yang berbahaya, sehingga bisa membantu Anda dalam pencegahan kulit keriput dengan cara memperlambat proses penuaan. Kandungan ini juga dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

14. Efek samping pare? Adakah?
Ada beberapa efek samping dari pare yang tidak seharusnya dikonsumsi pada ibu hamil dan menyusui, karena ada kandungan di dalam pare yang bisa memulai terjadinya menstruasi dan mengakibatkan aborsi pada hewan. Belum pasti tentang keamanan mengonsumsi pare untuk ibu hamil. Namun, lebih baik untuk menghindari mengonsumsinya sementara ketika sedang hamil atau menyusui.
Efek samping lainnya dari pare adalah untuk penderita diabetes. Pada dasarnya, pare memang bisa mengatasi dan menurunkan kadar gula. Namun, Anda perlu hati-hati dan waspada jika mengonsumsi pare untuk menurunkan gula darah, karena bisa saja akan membuat penurunan gula darah Anda teralu rendah.
Selain itu, pare sangat tidak dianjurkan buat Anda yang sedang menstruasi, karena pare dapat mengakibatkan pendarahan yang berlebihan. Terdapat bahan kimia yang kuat pada pare, jika Anda sedang menstruasi, sebaiknya menghindari dulu mengonsumsi pare.
Untuk penderita anemia, demam, sakit kepala dan nyeri pada perut juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi pare. Lebih baik konsultasikan dahulu ke dokter sebelum memakan pare.

Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat dan khasiat yang terdapat pada pare untuk kesehatan Anda. Meskipun banyak manfaat buat kesehatan, jangan sampai Anda memngonsumsi pare secara berlebihan, karena bisa saja membahayakan kesehatan Anda jika terlalu berlebihan, konsumsi pare seperlunya saja ya. Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk Anda sekalian. 

Tag : Pare, Sayuran
12 Komentar untuk "Pare, Rasa Boleh Pahit. Namun, Manfaatnya untuk Kesehatan Tidak diragukan Lagi"

wah kayaknya harus coba makan pare nih :D

bayaksih manfaatnya, tapi gimana ya gan cara masak pare agar agar rasa pahitnya hilang.. ?

emg gua ngga suka pare soalnya pahit tapi byk manfaatnya juga ya

WAh manfaat banget infonya , baru tahu saya kalo pare bisa mengatasi jerawat... nice

Rasanya pait,kayak obat namun sejuta manfaat

baru tau manfaatnya sebanyak itu..bahaya jg buat ibu hamil nice info

ane gak suka pare gan.. rasanya pahit.

tapi ternyata banyak toh manfaatnya, coba tar deh ah kapan2 , hehe

wiihh...gak salah nih gua doyan pare, hehe

Yang pahit pahit memang banyak manfaatnya...

Seumur umur blm pernah makan pare, eh ternyata banyak manfaatnya ya, ane harus nyobain nih hehe

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top