Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Penyebabnya

Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya
Mengatasi Bau Mulut

Hal yang paling menganggu ketika bertemu dengan teman, saudara atau orang lain adalah ketika mulut kita bau. Padahal sudah gosok gigi, namun tetap saja bau. Hal tersebut, tentunya sangat menganggu, mau bicara pun jadi merasa tidak nyaman, karna pasti orang lain merasa tidak nyaman juga bicara dengan kita. Masalah bau mulut memang membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri untuk bergaul dengan orang lain. Bahkan, bau mulut juga dapat berpengaruh buruk untuk bisnis maupun kehidupan pernikahan. Berikut akan kami ulas, beberapa penyebab bau mulut.

Penyebab Bau Mulut

1. Kurang terjaganya kesehatan gigi
Orang yang cenderung malas menggosok giginya tidak menyadari bahwa ada sisa makanan yang tersisa dalam mulutnya, sehingga hal itu akan mengakibatkan bau mulut. Malasnya perawatan gigi akan mengakibatkan terjadinya penumpukan plak di mulut.

2. Banyak memakan makanan penyebab bau mulut
Pasti Anda semua tahu, kalau bawang merupakan bahan makanan utama penyebab bau mulut, sehingga tak heran jika setelah mengonsumsi makanan yang didalamnya mengandung bawang akan menyebabkan bau tak sedap pada mulut Anda. Selain itu, makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat tinggi juga sangat berpotensi menarik bakteri karna kandungan gula yang tinggi.

3. Kurangnya asupan air pada tubuh
Apabila kekurangan cairan tubuh akan mengakibatkan produksi air liur (saliva) menurun. Meskipun, fungsi saliva sebenarnya adalah membersihkan bakteri didalam mulut. Apalagi, saliva juga membantu dalam menjaga sel-sel dalam mulut tetap hidup. Apabila Anda kekurangan saliva, maka hal tersebut akan menyebabkan sel-sel dalam mulut banyak yang mati dan sel-sel mati tersebut menjadi sumber utama penyebab bau busuk. Maka dari itu, konsumsi air dengan secukupnya saja kurang lebih 1.8 liter air per hari.

Makanan atau Minuman Penyebab Bau Mulut

1. Alcohol
Pengaruh alcohol pada mulut akan menyebabkan berkurangnya produksi air liur pada mulut. Tentunya, hal tersebut akan mendatangkan bakteri, apalagi bakteri menyukai lingkungan yang kering.

2. Bawang putih
Pada bawang putih terdapat kandungan sulfur yang sering dikenal sebagai penyebab bau mulut. Jika Anda mengonsumsi bawang putih lumayan banyak, maka akan berdampak pada bau mulut dan keringat Anda yang juga akan menimbulkan bau tak sedap.

3. Tembakau
Jika Anda sering merokok, jangan heran jika bau mulut Anda tidak sedap. Karena, tembakau mengakibatkan mulut menjadi kering. Apalagi, pada asap rokop terdapat kandungan nikotin, tar yang akan membuat terakumulasinya kandungan tersebut di dalam mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Rutin sikat gigi
Dengan kita rajin menggosok gigi, maka bakteri yang ada pada gigi, gusi maupun mulut tidak akan mengendap didalam mulut kita. Oleh karena itu, biasakan untuk memulai hidup sehat dengan cara rutin menggosok gigi minimal 3x sehari.

Membiasakan mengkonsumsi buah-buahan
Buah-buahan yang baik buat kesehatan mulut kita adalah buah yang kaya akan air dan mengandung vitamin C, seperti jeruk, apel, jambu dan buah lainnya. Namun, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, karena kandungan serat juga sangat baik untuk kebersihan gigi.

Coba ramuan jeruk nipis dan madu
Jeruk nipis dan madu sama-sama mempunyai kandungan yang bisa menghilangkan kuman atau bakteri dalam mulut. Anda bisa mengolahnya dengan cara, mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu, agar dapat mengurangi rasa masam. Sebaiknya, ramuan tersebut di konsumsi secara rutin untuk setiap harinya.

Perbanyak air putih
Air putih adalah minuman wajib bagi kita untuk setiap harinya. Rasanya ada yang kurang jika belum minum air putih. Apalagi, banyak manfaat yang ada pada air putih loh. Selain itu,apabila Anda tidak ingin kelelahan, maka rajinlah mengkonsumsi air putih secukupnya saja. Disarankan dalam satu hari, Anda mengkonsumsi air putih paling tidak sekitar delapan gelas atau dua liter. Namun, yang perlu Anda perhatikan juga adalah Anda tidak boleh mengkonsumsi air putih secara berlebihan, karena jika terlalu banyak, maka takutnya akan terjadi dampak negative pada tubuh Anda.

Jangan biarkan mulut menjadi kering
Ada keadaan dimana mulut kita dari hari ke hari selalu kering. Hal itu hanya terjadi pada bulan Ramadhan, khususnya untuk umat islam yang diwajibkan berpuasa. Namun, jika sesudah berpuasa, Anda harus pintar-pintar menjaga mulut supaya selalu dalam keadaan basah. Jangan sampai membiarkan mulut Anda kering, apalagi jika dalam waktu yang lama. Maka dari itu, jika mulut Anda sudah mulai kering, maka segeralah mengkonsumsi air putih atau buah-buahan yang dapat membuat mulut Anda basah.

Mengkonsumsi permen mint
Jika kebetulan Anda sedang ada rapat atau pertemuan dengan client dan Anda tidak percaya diri dengan bau mulut Anda, Anda bisa menggunakan cara praktis dengan cara mengunyah permen mint. Permen mint memiliki keunggulan dalam menyegarkan nafas, sehingga bau mulut tak sedap pun hilang. Namun, khasiat permen mint yang menyegarkan ini tidak dapat bertahan lama, hanya sementara. Karena,permen mint hanya dibutuhkan dalam keadaan yang medesak. Hehe

Hindari konsumsi makanan yang memiliki bau menyengat
Jika tidak ingin mengalami bau mulut, maka Anda harus lebih pintar dalam menghindari makanan yang memiliki bau menyengat, seperti bawang putih, daging merah dan durian, makanan tersebut yang dapat mengakibatkan terjadinya bau mulut yang tak sedap. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari makanan-makanan tersebut agar mulut Anda tidak bau.

Apabila Anda tidak ingin memiliki bau mulut yang tak sedap, maka Anda bisa mencegahnya dengan cara rutin menjaga kebersihan mulut, karena mulut adalah salah satu tempat terkumpulnya bakteri. Jika bakteri tersebut dibiarkan, maka akan berdampak negative pada kesehatan gigi dan menimbulkan efek bau yang tak sedap. Selain itu, jika Anda perokok, maka satu-satunya cara mencegah bau mulut adalah dengan cara berhenti merokok. Tembakau adalah penyebab terjadinya bau mulut. Maka dari itu, jika tidak ingin bau mulut, ya berhenti merokok.

Bau mulut memang masalah yang paling menganggu, namun hal itu dapat dicegah dengan membiasakan pola hidup sehat dan rajin dalam menjaga kebersihan mulut. Jangan bermalas-malas dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut, supaya terhindar dari hal yang tak diinginkan Demikianlah sedikit ulasan mengenai penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. semoga artikel ini dapat menjawab permasalahan Anda tentang masalah bau mulut.



13 Komentar untuk "Cara Mengatasi Bau Mulut dan Penyebabnya"

Memang kini banyak orang yang mengalami bau mulut, tidak tua dan muda pasti mengalami. terimakasih gan, sangat bermanfaat artikelnya.

ada lagi nih. jangan makan pete sama jengkol haha

ternyata itu penyebab bau mulut, suka nggak pede ketemu teman-teman kalo bau mulut,

info bermanfaat nih, kirain cara nya cuma gosok gigi doang, ternyata ada banyak :D

Lebih baik ngurangin bau mulutnya pake buah buahan, udah enak berkhasiat lagi hehe

yang ane denger sih dari ortu ane pake buah juga mujarab gan

bangun tidur langsung ngomong baunya mantep tuh gan wkwk

thanks sarannya min :v berguna banget buat ane yg lagi ngobrol sama temen , ehh tau tau nya malah ngejauh temen ane :v

Harus rajin rajin sikat gigi kalo gini mah hehehe. Takut bau mulut , dan ntar Kgk pede klo ke temu si dia hehehe.

Sering banget nih bau mulut, apalagi kalau mulut kering

ini nih, solusi hebat, bau mulut itu wajib dihilangin supaya orang gak terganggu sewaktu lagi berbicara depan kita...khususnya pacar... :D

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top