Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Manfaat Alang Alang untuk Kesehatan

Manfaat Alang Alang untuk Kesehatan
Manfaat Alang Alang untuk Kesehatan
Mungkin terdengar agak aneh ya?hehe, bagaimana mungkin tanaman yang notabene dikenal sebagai tanaman pengganggu atau gulma dapat memiliki manfaat, mungkin saja, tidak ada salahnya teman-teman menyimak sedikit review tentang alang-alang dan manfaatnya bagi kesehatan. Kita mulai dari deskripsi alang-alang.

Alang-alang adalah jenis rumput yang hidup bebas di alam, biasanya alang-alang  tumbuh di daerah perbukitan dan mempunyai ciri-ciri berdaun panjang dan tajam. Dalam bahasa latin disebut dengan Imperata cylindrica. Alang alang biasanya menjadi tanaman pengganggu atau gulma pada lahanpertanian. Tuh,kan bener dari reviewnya alang-alang termasuk tanaman pengganggu hehe.


Kita lanjut ke-bagian alang-alang yang dapat dimanfaatkan, bagian alang-alang  yang dimanfaatkan adalah bagian akarnya teman-teman, Akar alang-alang adalah akar dari tanaman alang-alang. Nama latin akar alang-alang adalah Imperata cylindrica (L.) Beauv. Ciri-ciri akar alang-alang ini memiliki daun yang panjang dan meruncing. Fungsi akar alang-alang bagi sebagian orang hanya sebagai gulma penganggu tanaman lain. Tanaman akar alang-alang ini merupakan tananaman liar yang mudah tumbuh di segala tempat terutama dilahan pertanian.  Akar alang-alang ini ternyata memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Yang mana akar alang-alang berguna untuk sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh. Penelitian akar alang-alang menurut Profesor Hembing, akar alang-alang ini berkhasiat sebagai obat untuk berbagai gangguan kesehatan seperti: asma, diare, hipertensi akibat sakit ginjal, kencing batu, keputihan, melancarkan air seni, mimisan, hepatitis, prostat, radang paru-paru, batu ginjal, infeksi ginjal, dan kencing batu.

Oiya sekedar berbagi pengetahuan ternyata sebutan ditiap-tiap daerah berbeda loh teman-teman berikut sebutan untuk Nama Daerah Akar Alang-alang.

Alalang, halalang (Minangkabau), lalang (Melayu., Madura., Bali.), eurih (Sunda.), rih (Batak.), jih (Gayo), re (Sasak., Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulawesi Selatan), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.

Anatomi dan Morfologi Akar Alang-alang

Tanaman akar alang-alang merupakan tanaman dari suku poaceae yang mana suku tanaman ini termasuk dalam suku rerumputan. Akar alang-alang ini memiliki daun yang panjang dan meruncing seperti pedang. Daun akar alang-alang berwarna hijau dan juga kadang memiliki warna kemerahan. Tangkai akar alang-alang ini mempunyai diameter 1-3 mm  Bunga tanaman akar alang-alang berwarna putih. Tanaman akar alang-alang memiliki  akar yang berserabut.

Habitat Kandungan Akar Alang-Alang


Akar alang-alang mengandung isoarborino, arborinone, campesterol, imperanene, cylindol A, arundoin, citrik acid, sacarosa, glucosa, manitol, malic acid, coixol, cylindrene, gione B, stigmasterol, beta-sitosterol, fernenol, arboronol, anemonin, esin, saponin, simiarenol, tanin, alkali, dan polifenol.


Manfaat bagi kesehatan dari akar alang alang sangat banyak. Satu di antaranya adalah bahwa akar alang-alang bisa meredakan penyakit demam. Meskipun demam bukanlah penyakit yang berat, akan tetapi penyakit ini mengganggu aktifitas dan terkadang memancing munculnya penyakit yang lebih berat karena sifatnya yang mereduksi daya imun tubuh.
Oleh karena itu teman-teman, manfaat akar alang alang bisa untuk mengurangi demam dan juga akan sangat berguna terutama karena cara mendapatkan akar alang-alang juga merupakan suatu yang mudah, khususnya jika teman-teman tinggal di daerah  pedesaan.
Satu manfaat akar alang-alang yang lain adalah untuk menyembuhkan penyakit mimisan. Cara yang paling higienis untuk membuat resep akar alang-alang untuk mengobati mimisan adalah dengan merebus akar alang-alang dalam tiga gelas air. Tunggu sampai air yang tersisa hanya satu gelas dan kemudian minum air tersebut. Lakukan berulang jika gejala mimisan sampai mimisan sembuh. Khasiat ini merupakan salah satu karakter dasar alang-alang yang anti pendarahan.
Selain manfaat konsumsi akar alang alang untuk gejala ringan semacam demam dan mimisan, akar alang-alang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit akut. Salah satunya misalnya gejala penyakit ginjal. Penyakit ini tergolong penyakit tingkat tinggi yang sangat berbahaya.
Untuk membuat resepnya, anda merebusnya dalam tiga gelas air, kemudian ambil setelah tersisa hanya satu gelas. Kemudian pisahkan airnya dari ampas akar alang-alang dan minum. Lakukan hal itu secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari setiap pagi dan sore untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang yang sempurna.

Manfaat Alang-Alang bagi Kesehatan Tubuh dan cara mengonsumsinya

1. Mengobati sakit asma
Alang-alang ternyata mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit asma. Caranya yaitu 100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, selanjutnya rebus ramuan ini dengan 1 liter air hingga airnya tinggal setengah. Kemudian disaring dan masukkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh air jeruk nipis. Air ini diminum sekaligus sebelum tidur malam.

2. Mengobati diare
Manfaat alang-alang untuk mengobati diare adalah dengan memanfaatkan akarnya. Ambil 250 gram akar alang-alang, kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas, rebus hingga 15 menit. Kemudian minum segera setelah anda buang air besar.

3. Mengobati hipertensi akibat ginjal

Siapkan 200 gram akar alang-alang, sipakan juga tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, dinginkan, saring, dan minum 2 kali dalam sehari.

4. Mengobati kencing batu
Manfaat alang-alang untuk mengobati kencing batu adalah dengan mengambil 100 gram akar alang-alang, ½ genggam daun meniran, ½ genggam daun kumis kucing, rebus denga 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, kemudian dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas sampai batu keluar.

5. Obat Keputihan
Untuk mengatasi keputihan anda bisa juga 
memanfaatkan alang-alang. Ambil 500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengah, saring, untuk diminum 2 kali sehari.

6. Melancarkan Air Seni
Ambil 250 gram akar alang-alang, gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

7. Obat Mimisan dan hepatitis
Manfaat alang-alang untuk mengobati hepatitis dan mimisan adalah dengan menyiapkan 200 gram akar alang-alang yang dicuci, rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring dan diminum 3 kali sehari.

Demikian beberapa manfaat tumbuhan alang-alang untuk kesehatan tubuh. Disamping manfaat di atas, alang- alang juga bermanfaat untuk mengobati radang paru-paru. Caranya yaitu dengan mencampur 500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengah, kemudian saring. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari. Semoga artikel ini bisa Anda jadikan sebagai referensi dan wawasan buat teman-teman. Kami akan berusaha menyajikan informasi yang terbaru untuk teman-teman sekalian, khususnya mengenai manfaat buah-buahan, sayuran dan tumbuhan, perlu diingat jangan terpaku dengan manfaat tersebut diatas jika perlu tindakan medis alangkah baiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Tag : Tumbuhan
12 Komentar untuk "Manfaat Alang Alang untuk Kesehatan"

Banyak manfaatnya yah tanaman indonesia

makasih gan infonya banyak jg ya manfaatnya ternyata

Wah alang-alang ternyata bisa juga buat obat diare, baru tau saya. Nice artikel ya!

bermanfaat sekali gan artikelnya. jadi menambah wawasan. terimakasih gan

Alang alang emang baik untuk kesehatan gan,

Wih ternyata manfaat nya banyak banget gan ane baru tau .. Thanks infonya gan ..

bagus nih manfaat dari alang alang

Bermanfaat banget padahal sering dibuang

maaf sob bisa gak di share penyebab mimisan
trimakasih

Nice Share nih,baru tau ane alang-alang ternyata bisa untuk kesehatan yg wow

walah ternyata alang" bnyak manfaatnya juga gan ? :/ kirain saya cma bikin gatel" doang

wah ternyata alang alang manfaatnya

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top