Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Buah dan Daun Mengkudu Yang kaya Manfaat Untuk Kesehatan.


Mengkudu (Pace), Ya, Siapa yang tak kenal mengkudu? Buah yang jarang disukai banyak orang karena rasanya yang sangat pahit, ternyata menyimpan  manfaat yang jarang diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Ya, manfaat mengkudu yang sangat membantu dunia kesehatan sudah dipercaya oleh masyarakat di Indonesia. Buah mengkudu yang masih muda biasanya berwarna hijau dengan benjolan atau totol yang berwarna coklat kehitaman.

emm, adapun teman-teman, jika buah mengkudu sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi putih kekuningan lalu putih pucat ketika mataang. Buah dan daun mengkudu sendiri, sebenarnya sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional olehsebagian masyarakat sejak 2000 tahun lalu. Awal mulanya  mengkudu dipercaya dapat mengobati nyeri sendi dan sebagai obat pembersih internal.

Ciri daun dan buah mengkudu

Buah
Buah majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkol di bagian dalamnya, perkembangan buah bertahap mengikuti proses pemekaran bunga yang dimulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal, diameter 7,5–10 cm. Permukaan buah majemuk seperti terbagi dalam sekat-sekat poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan berkutil, yang berasal dari sisa bakal buah tunggalnya. Warna hijau ketika mengkal, menjelang masak menjadi putih kekuningan, dan akhirnya putih pucat ketika masak. Daging buah lunak, tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari mesokarp. Daging buah banyak mengandung air yang aromanya seperti keju busuk atau bau kambing yang timbul karena pencampuran antara asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon), C10), asam kaproat (C6), dan asam kaprilat (C8). Diduga kedua senyawa terakhir bersifat antibiotik aktif.

Daun
Berdaun tebal mengkilap berwarna hijau. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, berukuran 15-50 x 5–17 cm. tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hiaju mengkilap, tidak berbulu. Pangkal daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm. Ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segitiga lebar. Daun mengkudu dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mengandung vitamin A. yg katanya bisa menyembuhkan ambein loh teman-teman.

Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu
- Zat nutrisi, secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu, xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

- Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

- Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

- Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

- Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

- Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Manfaat Buah Mengkudu
Manfaat buah mengkudu sendiri berasal dari kandunguan yang  tak lain dikarenakan ada 150 kandungan fitonutrien yang terdapat di dalamnya. Adapun fitonutrien adalah zat tambahan lainnya yang ditemukan pada tanaman selain kandungan mineral dan vitamin. Zat inilah yang juga berfungsi sebagai anti-virus, anti inflamasi, dan anti bakteri. Selain itu, fitonutrien sendiri bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh.

Buah mengkudu juga dipercaya memiliki efek analgesik dalam tubuh, yang artinya tubuh akan mendapatkan kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Kandungan vitamin A, B kompleks, C, sulfur, kalium, fosfor, asam amino, dan kalsium memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah mengkudu Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang dihasilkan dari mengkudu.

Selain Buah Daun mengkudu juga memiliki banyak manfaat loh teman-teman simak berikut deskripsinya:
Selain pada buahnya, mengkudu juga memiliki khasiat yang terdapat di dalam daunnya. Daun mengkudu ini ternyata bisa digunakan baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Daun mengkudu ini bisa Anda olah sebagai pengganti sayuran untuk dikonsumsi.

Adapun manfaat daun mengkudu sendiri adalah menyembuhkan ambeien secara alami, mengobati perut kembung pada anak. Sedangkan bagi kecantikan, daun mengkudu berfungsi sebagai obat penghilang jerawat dan obat pelangsing tubuh alami. Ada tuh produk obat ambeien yang menggunakan olahan daun mengkudu hehe dan terbukti banyak yang konsumsi.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan:
Beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi buah mengkudu ini, antara lain:

– Meredakan nyeri haid (menstruasi) atau gejala PMS

Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu, ternyata sangat efektif teman-teman, untuk meredakan sakit saat PMS atau ketika menstruasi. Selain itu, buah mengkudu dipercaya dapat meminimalisir perubahan hormon ketika masa PMS dan menstruasi sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah-ubah saat menstruasi,bagus nih untuk wanita yang nyeri ketika datang bulan.

– Mencegah kanker

Manfaat lainnya  jika mengkonsumsi buah mengkudu ini adalah melawan kanker. Ya teman-teman, buah mengkudu merupakan buah anti kanker yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Adapun kanker yang bisa dicegah oleh buah mengkudu ini adalah kanker serviks, untuk para wanita cegah kanker serviks dengan buah mengkudu.

– Mengatasi kulit bersisik

Untuk teman-teman yang memiliki kulit kering dan bersisik yang membuat  tidak nyaman? Kini saatnya teman-teman manfaatkan tanaman alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit, yaitu buah mengkudu. Untuk menghaluskan kulit yang bersisik dan mencegah kulit kering.

– Menyehatkan tulang

Tak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit saja, tetapi buah mengkudu yang memiliki kandungan metil asetil, morindone, dan asam kapril ini dapat meningkatkan kekuatan tulang-tulang dalam tubuh. Minumlah jus mengkudu secara teratur untuk mencegah pengeroposan pada tulang. Nah jika tidak ingin tulang keropos konsumsilah jus buah mengkudu. Dengan dosis yang sesuai semoga terhindar dari pengeroposan tulang.

Demikian tadi sekelumit manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Jika teman-teman punya ide kreatif untuk menyajikan buah mengkudu agar suasana tidak membosankan, teruslah kembangkan karena hal tersebut berdampak positif bagi diri dan orang-orang di sekitar teman-teman tentunya. Manfaatnya memang banyak, namun juga harus diperhatikan akan efek samping dari buah anggur tersebut. Apalagi, jangan mengonsumsi buahmengkudu secara berlebihan. Hal tersebut akan membahayakan tubuh teman-teman. Oleh karena itu, mengonsumsi dengan sewajarnya saja. Semoga artikel ini bisa teman-teman jadikan sebagai referensi dan wawasan buat teman-teman. Kami akan berusaha menyajikan informasi yang terbaru untuk teman-teman sekalian, khususnya mengenai manfaat buah-buahan, sayuran dan tumbuhan.



25 Komentar untuk "Buah dan Daun Mengkudu Yang kaya Manfaat Untuk Kesehatan."

banyak nih disekitar rumahku, makasih infony :)

sangat bermanfaat sekali artikelnya gan semoga makin tetap sehat

banyak banget manfaatnya gan baru tau ane

Terimakasih gan infonya , sangat bermanfaat

baru tau gue ternyata mengkudu punya manfaatnya

disebelah rumah ada mengkudu bisa buat obat ya :v

buah mengkudu tu bukannya pahit ya gan? di rumah eyang dulu ada pohon mengkudu tapi nggak ada yang mau ambil. paling buat eyang aja biar tambah sehat.

Wihh banyak juga yah manfaatnya

wow artikel Yang Sangat Bermanfa'at

Di tunggu Kunbal Nya Gan

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Ternyata mengkudu bagus untuk tulang

tapi bau buahnya gak enak di cium gan

Ternyata banyak ya tumbuhan yang tidak dianggao tetapi bermanfaat

Ternyata banyak ya tumbuhan yang tidak dianggao tetapi bermanfaat

sangat bermanfaat emang..tapi rasanya ga enak :v

di desa ane banyak gan buah mengkudu. sampai2 gak keurus ,wkwkw

tapi gak nyangka ternyata banyak manfaatnya, thanks gan

Mengkudu ini banyak dikampung saya mas kalau udah tau manfaat nya ngak repot2 ke dokter tu

didekat rumah saya banyak nih pohon mengkudu, tapi baru tau manfaatnya banyak gini ya ternyata :D

emang dbuah mengkudu dari dulu udah terkenal khasiatnya.Bahkan kalo di kampung kampung ini menjadi obat trending.Apalagi yang kena penyakit kanker , bisa dicoba buah ini menjadi obatnya.

Cc : Arjuna Rafi

banyak juga manfaat nya yah :v
BTW didepan rumah ane ada buah mengkudu nih , lumayan banyak manfaatnya
Thanks info nya min :*

kalau dulu ngga sakit sakit amat ogah dah minum mengkudu haha. baunya itu gan kaga nahan, tapi efeknya bagus, langsung pulih setelah rutin meminum jusnya

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top