Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Rambut Rontok? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Penyebab Rambut Rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok
Semua orang di dunia ini pasti berkeinginan untuk memiliki rambut yang kuat, indah, cantik dan sehat tentunya, hal tersebut pasti sangat didambakan bagi setiap orang. Mengingat kalau rambut merupakan mahkota kepala yang dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri pada setiap individu. Namun, hal itu berbeda jika ternyata Anda mempunyai masalah rambut. Anda pasti merasa kesal jika mempunyai masalah rambut, apalagi jika rambut Anda rontok. Sebenarnya, hal tersebut hanyalah masalah sepele, namun rambut rontok sangat menjengkelkan, karna bisa mengurangi rasa percaya diri kita. Yang perlu Anda ketahui adalah rambut memiliki 3 fase yaitu pertumbahan, istirahat dan kerontokan.
Apabila Anda ingin rambut Anda normal dan sehat kembali, maka yang perlu Anda lakukan adalah rajin merawat rambut Anda, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan, bisa merawat rambut secara alami maupun non alami (memakai obat rambut tertentu). Sebelum kita membahas cara mengatasi rambut rontok, alangkah baiknya kita coba cari tahu apa saja sih sebenarnya yang menjadi penyebab rambut rontok??

Penyebab Rambut Rontok
Penyebab rambut rontok bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Maka dari itu, kami akan membahas kedua faktor tersebut agar Anda dapat mengetahui penyebab rontoknya rambut Anda.

Faktor Eksternal

1. Menggunakan Bahan Kimia
Apabila Anda sering memakai bahan kimia untuk rambut Anda, apalagi jika Anda seseorang yang hobi menyemir, meluruskan maupun membuat rambut Anda agar bisa menjadi indah, bergelombang misalnya. Maka, jangan heran jika rambut Anda lebih mudah rusak atau patah. Apalagi, jika digunakan secara berlebihan. Jika Anda ingin mempunyai rambut sehat, sebaiknya meminimalkan untuk memakai bahan kimia.

2. Sering Mengubah Gaya Rambut
Biasanya bagi seseorang yang sangat mementingkan penampilannya, apalagi jika orang tersebut sering mengikuti trend masa kini, pastinya orang tersebut juga akan sering mengubah model gaya rambutnya agar terkesan tidak ketinggalan jaman dan bisa dibilang hits, karna berhasil mengikuti trend. Akan tetapi, sangat disarankan, sebelum memutuskan untuk mengubah gaya rambut, sebaiknya pertimbangkan dulu tentang kesehatan rambut Anda. Karena, tidak semua model rambut bisa bersahabat dengan kesehatan rambut Anda. Apalagi, jika Anda sering mengubah gaya rambut, maka akan mengakibatkan rambut menjadi tertarik hingga ke akarnya, sehingga rambut Anda terkesan mudah patah dan rusak.

Faktor Internal

1. Stress
Jika seseorang yang sedang mengalami stress, biasanya bisa berdampak negative pada tubuh Anda, khususnya pada rambut Anda. Stress yang berlebihan akan membuat rambut Anda mudah rontok, bahkan bisa sampai parah.

2. Keturunan
Apabila Anda sering mengalami kerontokan rambut, bisa saja itu terjadi karena adanya faktor keturunan. Hal itu terjadi akibat ada salah satu dari orang tua mempunyai gen yang bisa mempengaruhi rambut rontok. Jadi, hal tersebut bisa saja diturunkan pada keturunannya (anak-anaknya). Untuk mengetahui hal ini lebih jauh, lebih baik Anda memeriksakan diri ke ahli kulit.

3. Hormon
Jika Anda mempunyai hormon yang tidak bisa seimbang, maka hal tersebut bisa saja menyebabkan rontoknya rambut Anda. Apalagi, untuk ibu yang sedang mengandung, biasanya akan merasakan ketidakseimbangan hormone yang dapat mengakibatkan rambut Anda menjadi rontok.

4. Anemia
Zat besi sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan folikel rambut. Apabila Anda kekurangan zat besi, maka akan mengakibatkan terjadinya kerontokan rambut Anda. Maka dari itu, alangkah lebih baik, jika Anda rutin mengonsumsi suplemen zat besi dan ditambah dengan mengonsumsi vitamin C. karena, Vitamin C dapat membantu dalam penyerapan zat besi pada tubuh.

Cara mengatasi Rambut Rontok

1. Sajikan sarapan yang sehat
Biasakan untuk menyajikan sarapan yang sehat. Karna, makanan yang sehat juga akan berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda. Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan vitamin, protein, gizi. Kandungan tersebut baik untuk rambut dan tubuh Anda. Oleh karna itu, mengonsumsi sarapan yang sehat bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

2. Pemakaian Lidah Buaya
Tanaman yang satu ini memang sudah sangat popular karna lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang kaya akan manfaat, entah untuk kesehatan, kecantikan maupun rambut. Dalam penggunaanya pun bisa Anda lakukan dengan cara, mengambil satu buah potong lidah buaya, lalu ambil pada bagian daging lidah buayanya. Kemudian oleskan pada rambut Anda secara merata, pastikan rata agar hasilnya bisa lebih maksimal. Selanjutnya, diamkan sekitar 20 sampai 30 menit. Setelah itu, bilas dengan shampoo dengan air bersih.

3. Gunakan Minyak Zaitun
Untuk mengatasi masalah rambut rontok, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai solusinya. Anda bisa menuangkan  minyak zaitun pada satu sendok makan sekitar 35 menit, sebaiknya cara ini Anda lakukan sebelum keramas. Kemudian oleskan minyak zaitun, usahakan di mulai dari akarnya sampai ujung rambutnya sambil melakukan pijatan sekitar dua sampai empat menit. Selanjutnya, bersihkan dengan keramas sampai bersih.

4. Gunakan Minyak Lavender
Minyak Lavender dapat berperan penting dalam pemanfaatan yang baik pada rambut Anda. Karna, minyak lavender bisa menghilangkan ketombe dan rasa gata pada kulit. Untuk penggunaannya, Anda bisa melakukannya dengan cara menuangkan sepuluh tetes minyak lavender (Anda juga bisa mencampurkan minyak esensial ke dalam ramuan minyak lavender. Oleskan secara merata pada bagian kulit kepala. Diamkan kurang lebih 25 menit. Kemudian bersihkan rambut dengan shampoo.

5. Membiasakan Hidup Sehat
Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan tidak mudah rontok. Sebaiknya, Anda harus merubah gaya hidup Anda dengan cara hidup sehat sepeti rutin mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi serta kaya protein dan rutin melakukan olahraga ringan. Yang perlu Anda ketahui adalah rambut itu terbuat dari protein. Maka dari itu, Anda harus rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin. Apalagi, sayuran atau buahan memiliki kandungan yang bermanfaat, seperti zat besi, seng vitamin B dan kalsium yang bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan rambut Anda.

6. Memanfaatkan Jeruk Nipis
Terdapat kandungan vitamin C pada jeruk nipis, kandungan tersebut dapat membantu dalam mengatasi ketombe dan dapat menjaga kesehatan rambut dalam mengatasi rambut rontok. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengolahnya dengan cara memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian, kemudia gosokan potongan tersebut pada rambut Anda, usahakan hingga merata. Selanjutnya, sekitar20 menitan, Anda bisa membilasnya dengan mencuci rambut Anda sampai bersih.

7. Memanfaatkan Jahe
Tahukah Anda bahwa pada jahe memiliki kandungan Zingeron? Kandungan tersebut dapat membantu Anda dalam mengatasi rambut rontok loh. Untuk pengolahannya, Anda bisa melakukannya dengan mudah, dengan cara menyiapkan 1 ruas jahe, kemudian bersihkan dan kelupas kulitnya hingga bersih. Selanjutnya, Anda bisa memarutnya dan bisa mengoleskan parutan tersebut pada bagian rambut yang sering mengalami kerontokan. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 25 menitan supaya jahe dapat menstimulasikan sel rambut. Lalu, bilas rambut dengan shampoo sampai bersih.

Demikian ulasan mengenai penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok. Semoga setelah Anda membaca artikel ini, setidaknya dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah rambut. Dan semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.



11 Komentar untuk "Rambut Rontok? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Ohh jadi penyebabnya itu, makasih gan jadi tambah wawasan xD hihihi

MAKIN TUA, MAKIN BOTAK, APA IYA YAKK...

Rambut sy sering rontok mgkn krn stress kbykan mikirin sesuatu x ya gan..

rambut saya g rontok gan..cuma udah beruban cara ngatasinya gimana nih

Mungkin streee yak yang paling berpengaruh rambut jadi rontok

Nah Streesss itu yg paling utama gara gara rambut rontok gan
ane buktinya :3

mungkin karena stres :o kadang rontok rambut saya

Untung ngga rontok rambut ane ,cuman jenong aja hihi

pas banget nih rambut saya sering rontok,mungkin cara diatas bisa dicoba..

kebanyak pikiran rambut jadi cepat rontokk , streeesss wkwkw

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top