Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Cara Mencegah Stress dan Penyebabnya

Cara Mengatasi dan mencegah stress
Menghadapi Stress

Stress adalah keadaan dimana kondisi psikis, fisik, emosi maupun mental seseorang dalam kondisi ketegangan yang dapat mempengaruhi aktifitas bagi yang mengalaminya. Sebagian orang bisa mengalami stress karena banyak masalah, tekanan, putus cinta, masalah dengan orang tua maupun hal lainnya, mereka tidak menyadari bahwa hal itu menyebaban efek yang tidak baik pada tubuh dan jiwa kita. Stress merupakan suatu reaksi psikologi dan fisik yang normal, karna terlalu banyaknya tekanan hidup yang tidak pernah berakhir. Semua kalangan pun bisa mengalami keadaan stress, orang dewasa, remaja maupun anak-anak.

Jika keadaan stress dibiarkan, maka akan membuat tubuh kelelahan secara psikis dan menyebabkan seseorang tidak bisa berpikir jernih dan akan berdampak pada kualitas hidup, interaksi sosial bahkan kesehatan. Maka dari itu, alangkah baiknya sebelum terjadinya stress, maka yang perlu Anda lakukan adalah mencegah atau menghindari serangan stress dengan cara berikut :

Ingat kepada sang pencipta
Biasakan diri untuk selalu berdoa dan meminta petunjuk kepada-Nya terhadap masalah yang sedang Anda hadapi. Apabila Anda selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka niscaya Anda akan lebih positif dalam menghadapi hidup dan setiap menghadapi sesuatu. Percayalah bahwa Tuhan tidak akan membiarkan kita sendiri entah dalam kondisi suka maupun duka, jika Anda senantiasa mengingat-Nya.

Usahakan memiiki energi yang selalu positif
Untuk mencegah stress, Anda bisa memulainya dengan cara selalu berpikir positif terhadap situasi apapun. Kendalikan diri Anda dengan berpikiran positif dan optimis terhadap setiap masalah yang ada. Yakinlah bahwa di setiap masalah pasti ada titik terangnya. Selain itu, jangan pernah menyalahkan diri sendiri dan menghakimi diri sendiri. Percayalah, setiap rencana atau pencapaian yang belum terlaksana pasti karna adanya suatu halangan. Dan Anda harus optimis jika suatu saat nanti pasti akan terwujud. Anda juga harus lebih bersikap lebih fleksibel, sehingga Anda dapat menikmati hidup dengan tenang dan santai.

Berusaha mengendalikan emosi
Jika Anda sedang dalam kondisi marah tingkat tinggi, Anda bisa mengendalikan emosi Andadengan meminum air putih yang banyak. Yang perlu Anda tahu saja, air putih memilikimanfaat dalam menenangkan emosi seseorang serta dapat membantu berpikir lebih jernih. Emosi yang berlebihan justru dapat menjadi pemicu terjadinya stress. Berpikirlah lebih luas dalam setiap menghadapi masalah serta lebih sabar dalam bersikap.

Beristirahat sejenak
Di sela-sela kesibukan Anda, alangkah lebih baik jika Anda mau meluangkan waktu Anda sejenak untuk beristirahat.  Gunakan hari libur Anda bersama keluarga atau teman-teman Anda serta manjakan diri Anda seusai keluar dari rutinitas padat Anda.  Berkumpul dengan keluarga atau teman dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan energi positif dan semangat baru.

Mempunyai sifat terbuka
Untuk seseorang yang memiliki sifat penyendiri, biasanya akan lebih suka memendam masalahnya sendiri. Padahal jika memendamnya sendiri maka tingkat terserang stress akan besar. Apalagi jika ia tidak bisa menghadapi masalahnya sendiri, maka akibatnya akan lebih fatal. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, mulailah terbuka dengan keluarga atau sahabat yang dapat Anda percaya dan bisa memahami Anda. Meskipun, Anda tidak mendapatkan solusi yang Anda inginkan, tapi akan sedikit merasa melegakan jika Anda tidak memendamnya sendiri. Setidaknya, keluarga atau sahabat dapat menghibur Anda.

Menjaga kesehatan
Kesehatan sangat penting untuk tubuh kita. Karena, tubuh yang sehat terdapat jiwa yang juga sehat. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Anda dengan baik dan teratur. Mulailah membiasakan diri dengan hidup sehat dengan rajin berolahraga dan memakan makanan yang sehat dan bergizi. Karena, tubuh yang sehat dapat bedampak positif terhadap otak kita.

Memiliki rasa humor yang tinggi
Yang perlu Anda ketahui saja, humor dapat mengatasi rasa stress Anda. Apalagi, jika Anda mempunyai selera humor, maka akan berdampak positif pada syaraf Anda agar tidak terlalu teang dan tubuh Anda akan mendapatkan relaksasi mekipun sejenak. Maka dari itu, jangan terlalu serius dalam menghadapi suatu hal, karna akan dapat memicu stress. Sesekali, mencobalah untuk bercanda dan tertawa dengan keluarga atau teman-teman Anda.

Mendengarkan music
Tahukah Anda jika mendengarkan music yang lembut dan memiliki lirik positif akan dapat mengirim sinyal kedalam pikiran Anda supaya lebih rileks dan lebih tenang.

Mencoba lakukan meditasi
Jika Anda sedang mengalami stress, maka tidak ada salahnya Anda mencoba yoga untuk mengurangi rasa stress Anda. Ada salah satu teknik yoga yang setidaknya dapat membuat Anda lebih tenang, yaitu dengan cara menarik nafas dalam-dalam. Anda harus tahu, jika menarik nafas dalam-dalam akan dapat memproduksi laju hormone endorphin yang akan membuat Anda lebih nyaman dan membuat pikiran Anda lebih tenang dari sebelumnya. Sebelum Anda melakukan meditasi, alangkah baiknya Anda lakukan di tempat atau ruangan yang tidak bising, agar Anda bisa lebih focus dalam bermeditasi.


Demikianlah sedikit ulasan mengenai mencegah serangan stress. Semoga artikel ini dapat memberi dampak positif untuk Anda. Dan semoga artikel ini juga dapat menambah referensi Anda.

15 Komentar untuk "Cara Mencegah Stress dan Penyebabnya"

Bener banget nih yang dibilang disini untungnya saya jarang mengalami stress berat

Saya suka tips pertama agan. Ingat Allah di mana dan kapanpun berada tentu akan lebih mudah tidak stress gan

Apa karena saya punya sifat tertutup jadi gampang sekali stress oke mulai sekarang saya akan berusah bersifat terbu

kalo refreshing dengan cara jalan2 masuk kategori nggak nihh...

tips pertama adalah tips yang paling ampuh

hehehe tips nya keren tpi alhamdulillah saya jarang stress berat hehe

kalo saya sih biasanya kalo lagi stress itu denger musik, kalo tetep ga mempan juga baru deh tidur hehehe :)

mengendalikan diri (emosi) yang sulit.

ana sering bnget ngalamin bgini mas,, apa lagi waktu sendiri stres nya minta ampun :v thank's ya

Kalau saya biasanya dengerin music gan biar agak rilex

kalau saya lebih memilih untuk menghindar dan menyendiri biar bisa tenang

kalau saya sih lebih mendekatkan diri ke sang pencipta, hati tenang, stress pun gak bakal terlalu bebanin pikiran kita

kalau saya stress ngga ada pemasukkan blog gan :D

Wah solusi yang sangat bagus nih mengenai cara mencegah stress mengingat kita semua manusia pasti pernah mengalami kondisi yang membuat kita stress...

setuju nih sama agan beberapa cara seperti memiliki sifat terbuka, mendengarkan musik, dan ingat kepada Sang Pencipta itu yang sering saya lakukan..

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top