Membahas mengenai manfaat kesehatan dari buah, sayuran dan tumbuhan.

Anda sering Lupa??? Berikut Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Lupa
Tips Mengatasi Lupa
Tahukah Anda jika setiap makanan yang kita konsumsi, apalagi makanan yang masuk kedalam tubuh dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda. Jangan asal memakan makanan yang Anda inginkan saja karna nafsu sesaat, Anda juga harus pintar-pintar dalam memperhatikan makanan tersebut, apakah makanan tersenut bergizi atau justru malah merugikan Anda. Karna, jika Anda kekurangan gizi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kepikunan atau mudah lupa meskipun Anda masih muda sekalipun.

Penyakit pikun atau mudah lupa biasanya sering disepelekan oleh kebanyakan orang, meskipun itu terjadi berulang-ulang sekalipun.  Namun, jika terus dibiarkan, maka kemungkinan akan semakin memburuk. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara memulai pola hidup sehat secara teratur dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang. Karna, seperti yang kita ketahui, makanan yang masuk pada tubuh kita harus bergizi dan kaya zat antioksidan, seperti betakarotin, vitamin C dan E. Tiga kandungan tersebut sangat penting untuk asupan tubuh kita, karena dapat berperan untuk melumpuhkan radikal bebas dan membersihkan dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah ke otak bisa lancar. Maka dari itu, kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai beberapa makanan yang dapat mencegah kepikunan :

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan Zat Antioksidan
Anda harus sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat antioksidan dan hal tersebut terdapat pada sayuran yang berdaun hijau, seperti daun singkong, bayam, sawi hijau, daun papaya dan lainnya. Selain sayuran, umbi dan buah berwarna seperti, ubi jalar, pepaya, mangga, jeruk, wortel, strawberry, semangka dan masih banyak lagi juga memiliki kandungan zat antioksidan.

Makanan yang mengandung vitamin B komplek
Vitamin B12 dan kolin adalah bahan baku untuk memproduksi aseltin kolin (neuro transmitter) yang berperan dalam fungsi mengingat. Untuk Anda yang ingin mencari makanan yang mengandung vitamin B komplek, jangan khawatir karena banyak terdapat pada padi-padian, seperti gandum dan beras merah. Tidak hanya padi-padian saja, sayuran seperti kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau juga memiliki kandunga vitamin B komplek.

Makanan juga harus mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6
Asam lemak omega 3 dan omega 6 sangat penting untuk tubuh, karena asam lemak tersebut dapat mencegah kerusakan sel otak. Dan makanan yang banyak mengandung asam lemak adalah kacang kedelai dan ikan laut dalam. Selain harus mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan 6, Anda juga harus rajin dalam berolahraga. Karna, membiasakan gaya hidup sehat akan membuat otak tetap terlihat fit dan tidak mudah lupa.

Makanan yang mengandung karbohidrat komplek
Karbohidrat komplek memiliki kandungan asam amino triptofan. Dan triptofan sendiri berperan dalam merangsang produksi serotoin, sehingga pikiran dapat dikonsentrasikan walau sedang banyak masalah. Yang mengandung triptofan, biasanya pasta, mie, nasi buah dan sayur.

Tips supaya Tidak Mudah Lupa atau Pikun :

Biasakan untuk senam otak
Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membiasakan senam otak, hal tersebut sebagai cara kita untuk melatih otak untuk mengingat sesuatu. Anda bisa mencobanya dengan berusaha menyebutkan 10 acara televise yang Anda sukai atau mecoba menyebutkan 10 makanan kesukaan Anda. Tujuan kita melakukan senam otak adalah berusaha mengingat sesuatu yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

Konsumsi makanan otak
Anda juga harus memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh otak, agar otak Anda dapat ternutrisi dengan baik. Makanan yang dapat memenuhi kebutuhan otak antara lain bawang merah, pisang, blueberry  dan lainnya. Makanan tersebut sangat penting untuk otak Anda, sehingga dapat mengatasi masalah sering lupa atau pikun.

Banyak konsumsi air putih
Setidaknya dalam sehari, Anda mengkonsumsi air putih enam sampai delapan gelas. Air putih sangat berperan penting daam otak kita, karena dapat membantu seluruh fungsi organ tubuh agar bekerja lebih optimal. Dalam hal ini, fungsi otak akan jauh lebih baik bila kita rajin mengkonsumsi air putih.

Mengistirahatkan otak
Ketika Anda sudah mulai lelah seusai beraktifitas padat, jangan memaksakan otak Anda tetap bekerja. Karna, otak butuh istirahat. Anda bisa melakukannya dengan tidur yang cukup. Karna, dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan dan meregenerasi otak, sehingga saat Anda bangun, otak akan menjadi fresh kembali.

Merilekskan otak
Jika Anda sedang stress, akibat terlalu lama dalam berpikir keras. Anda bisa merilekskan otak Anda dengan cara melakukan aktifitas yang Anda segani.

Melakukan Asah otak
Anda bisa mengasah otak dengan melakukan permainan asah otak, seperti mengisi TTS, menjawab kuis atau hal lainnya.

Yang perlu Anda ketahui, otak adalah pusat ingatan dan pikiran. Otak sendiri terdiri dari ribuan serabut saraf (neuron). Di banding sel tubuh yang lain sel saraf otak sangat rentan terhadap kerusakan, karena sebagian besar komponen penyusun otak adalah asam lemak tidak jenuh ganda, sehingga hal itu menyebabkan teroksidasi, otak membutuhkan asupan oksigen yang tinggi, otak kaya akan zat besi dan hal itu cenderung mendorong terbentuknya radikal bebas. Hal-hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan dalam terjadinya kemrosotan ingatan.


Demikian sedikit beberapa ulasan mengenai makanan dan tips untuk mencegah gangguan mudah lupa atau pikun. Semoga artikel ini dapat memenuhi kebutuhan Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda, sehingga akan dapat membantu dalam menambah wawasan Anda.

0 Komentar untuk "Anda sering Lupa??? Berikut Cara Mengatasinya"

Silahkan berkomentar dengan sopan

Back To Top